CARA MEMBUAT DONAT LUKUMADES (DONAT YUNANI)

Oleh Admin Posting Komentar

Resep Lukumades (Donat Yunani) Sederhana Spesial Asli Enak. Loukoumades adalah sajian asal Yunani (Greek Donuts) berupa bola-bola roti yang digoreng. Orang Indonesia menyebut penganan ini dengan lukumades.

Gambar Resep Lukumades (Donat Yunani) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Lukumades (Donat Yunani)

Nama alternatif Loukoumades, Loukmades, Luqmat, loukmat alkady

Tipe Adonan goreng

Bahan utama adonan beragi ragi , minyak; sirup gula atau madu

Menurut situs Wikipedia. Lokma ( Turki ), loukoumádes ( Yunani : λουκουμάδες ), dengan nama lain dalam bahasa lain, adalah kue kering yang terbuat dari adonan beragi dan digoreng , direndam dalam sirup atau madu, terkadang dilapisi dengan kayu manis atau bahan lainnya. Hidangan itu digambarkan sejak abad ke-13 oleh al-Baghdadi sebagai luqmat al-qādi ( لقمة القاضي ), "potongan hakim".

Etimologi

The Arab Kata luqma ( لقمة ) (jamak luqmāt ), berarti sepotong, seteguk, atau gigitan. Hidangan ini dikenal sebagai luqmat al-qādi ( لقمة القاضي ) atau "potongan hakim" dalam buku-buku masakan Arab abad ke-13, dan kata luqma atau loqma dengan sendirinya telah merujuk padanya. Nama Turki untuk hidangan tersebut, lokma, berasal dari bahasa Arab, seperti nama Yunani dan Siprus loukoumádes.

Sejarah

Resep untuk Luqmat al-Qadi, adonan beragi ragi yang direbus dalam minyak dan disiram dengan madu atau sirup gula dengan air mawar, berasal dari setidaknya awal periode abad pertengahan dan kekhalifahan Abbasiyah abad ke-13, yang disebutkan di beberapa buku masakan yang ada saat itu. Hal ini juga disebutkan dalam Seribu Satu Malam, dalam cerita The Porter and the Three Ladies of Baghdad. Penjelajah dan pakar Ibn Battuta pada abad ke-14 menemukan hidangan yang dikenalnya sebagai Luqaymat al-Qadi saat makan malam di Multan, selama perjalanannya diIndia abad pertengahan, di mana tuan rumahnya menyebutnya al-Hashimi.

Itu dimasak oleh koki istana di Kekaisaran Ottoman selama berabad-abad dan dipengaruhi oleh masakan negara lain dari bekas negara Kekaisaran Ottoman di Balkan, Timur Tengah dan Kaukasus.

Varietas regional

Negara-negara Arab

Saat ini, di negara-negara Arab di Teluk Persia, luqaymat, terkadang dibumbui dengan kapulaga atau kunyit, sedikit berubah dari resep abad ke-13. Di beberapa bagian Timur Tengah mereka juga dapat disebut awameh ( عوامة ) yang berarti "perenang", atau zalabya ( زلابيا ), dengan banyak variasi ejaan, meskipun istilah terakhir mungkin juga merujuk pada hidangan serupa yang dibuat di spiral panjang atau bentuk tongkat lurus. Mereka secara tradisional dimasukkan dalam waktu perayaan keagamaan; misalnya di Syam oleh Muslim di Ramadan, Yahudi diHanukkah, dan Kristen di Epiphany sama. Yunani dan Siprus.

Di Yunani dan Siprus, mereka disebut loukoumádes ( λουκουμάδες ) dan lokmádes ( λοκμάδες ) dalam bahasa Yunani Cypriot . Loukoumas dapat digunakan untuk sepotong loukoumádes seperti " φέρε μου ενα λουκουμά " yang diterjemahkan menjadi "Bawakan aku loukouma". Mereka biasanya dibumbui dengan kayu manis dalam sirup madu dan dapat ditaburi sedikit gula bubuk.

Mereka juga disebut zvingoi ( σβίγγοι ) oleh orang -orang Yahudi Yunani, yang menjadikannya sebagai suguhan Hanukkah. Istilah ini, dari bahasa Arab untuk "spons", kemungkinan besar awalnya adalah nama kue Bizantium yang lebih tua , dan kemudian digunakan oleh Romaniote sebagai nama untuk loukoumas.

Turki

Boortsog , disebut pişi atau tuzlu lokma (lokma asin) dalam bahasa Turki, yang merupakan lokma tanpa sirup atau madu manis, adalah makanan pokok untuk masakan Turki dan Mongolia. Lokma berupa makanan penutup yang dibuat dengan tepung, gula, ragi dan garam, digoreng dengan minyak kemudian dimandikan dengan sirup atau madu. Sementara di negara-negara bekas Ottoman seperti Irak dan Yunani, ini adalah makanan penutup biasa, ini memiliki makna seremonial di Turki dan umumnya tidak dikonsumsi sebagai makanan penutup sehari-hari. Secara tradisional, empat puluh hari setelah seseorang meninggal dunia, kerabat dekat dan teman almarhum memasak lokma dalam jumlah banyak dan disajikan kepada tetangga dan orang yang lewat. Orang-orang membentuk antrian untuk mendapatkan piring dan membacakan doa untuk jiwa almarhum sebagai balasannya setelah makan lokma.Hidangan Serupa

Berbagai jenis adonan goreng dengan sirup lainnya ditemukan di Mediterania, Timur Tengah, dan Asia Selatan, dari struffoli Italia (yang paling mirip dengan persiapan lokma ) dan zeppole hingga jalebi India dan gulab jamun.

Mungkin dokumentasi tertua dari hidangan terkait tetapi tidak identik ada di makam Ramses IV , di mana sesuatu yang lebih mirip jalebi ditampilkan sedang disiapkan. Kemudian, enchytoi Yunani Kuno terdiri dari adonan keju dan tepung yang diperas menjadi lemak panas, lalu ditutup dengan madu.

Hidangan yang mirip dengan lokma yang dijelaskan oleh Archestratus, seorang penyair Yunani dari Sisilia, adalah enkris ( Yunani : ἐγκρίς, jamak ἐγκρίδες) — bola adonan yang digoreng dengan minyak zaitun, yang dirinci dalam Gastronomi- nya ; sebuah karya sekarang hilang, tetapi sebagian disimpan dalam Deipnosophists of Athenaeus. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi lukumades donuts greeks lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk jualan di restoran ala cafe resto.

RESEP LOUKOUMADES

BAHAN :

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 100 ml air es
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdt mentega tawar
  • Minyak untuk menggoreng

BAHAN SIROP :

  • 100 gram gula pasir
  • 50 ml air
  • 1 sdm madu

BAHAN TABURAN :

  • Kayumanis bubuk

CARA MEMBUAT LOUKOUMADES :

  1. Campur tepung terigu, ragi instan, dan gula pasir. Aduk rata.
  2. Tuang air es. Uleni hingga kalis. Tambahkan garam dan mentega tawar. Uleni hingga elastis. Diamkan 20 menit. Kempiskan adonan.
  3. Timbang adonan 15 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit. Kempiskan. Bulatkan. Diamkan 15 menit.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan. Tiriskan.
  5. Sirop, rebus gula pasir, air, dan madu sambil diaduk hingga larut. Angkat.
  6. Celupkan adonan yang sudah digoreng ke dalam sirop. Taburkan kayumanis bubuk tipis-tipis.
  7. Sajikan untuk 20 buah.

Related Posts

Posting Komentar