CARA MEMBUAT KLEPON UBI UNGU

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Klepon Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak. Ubi ungu salah satu jenis dari ubi jalar. Biasanya kue klepon terbuat dari singkong ubi kayu dan tepung ketan. Kini kue klepon ubi ungu lebih ngehit viral kekinian dan populer dibanding kue klepon ketan putih atau klepon ketan hitam, klepon labu kuning tanpa tepung ketan, klepon ubi kuning, klepon ubi putih, klepon ubi kayu, klepon tepung ketan putih, klepon tepung ketan hitam, klepon tepung beras rose brand, dll. Keunggulan kue klepon ubi ungu terletak pada tampilan warna ungu (purple) yang unik dan menarik dibanding pesaingnya, selain itu teksturnya tidak kalah lembut dan empuk, apalagi ditambah lumernya gula merah atau gula Jawa yang manis meledak di dalam mulut dengan taburan kelapa parut segar menambah kelezatan dari kue ini. Berani coba?. Kue Klepon halal kok!! siapa yang bilang kue klepon tidak Islami!!.

Foto Resep Klepon Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Klepon Ubi Ungu Kemasan Jualan

Pada umumnya kue Klepon atau kelepon atau onde onde kalau di Sumatera dan Melayu salah satu kue tradisional itu berwarna hijau daun pandan atau ijo daun suji dengan isi gula merah tapi kali ini tampil dengan warna yang berbeda tidak lagi menggunakan daun suji dan daun pandan tetapi kali ini klepon menggunakan ubi ungu salah satu varian ubi jalar sehingga menghasilkan warna unik dan alami yang tak kalah cantik dari klepon - klepon dari bahan lainnya yang memakai pewarna makanan.

Menurut situs Wikipedia. Klepon atau kelepon adalah nama sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar kue basah tradisional dan aneka kreasi dan variasi olahan modern seperti kue klepon isi coklat, isi keju meleleh, dll. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Sedangkan menurut laman blog addakhil wordpress. Klepon adalah sebuah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang di bentuk seperti bola bola kecil dengan isi gula jawa kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa. Kira-kira seperti itulah defenisi pengertian klepon.

Sedangkan di Sumatera, Padang dan di Malaysia, kue klepon disebut "onde-onde" contohnya onde onde Padang khas onde mande, sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut Onde-onde adalah bebola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih klepon ubi ungu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jajanan pasar dan kue basah. Dengan resepi ini siapa tahu Anda bisa mendapatkan ide dan inspirasi membuka usaha bisnis kue klepon untuk mendapatkan income tambahan dengan berniaga.

RESEP KLEPON UBI UNGU


BAHAN :
  • 200 gram ubi ungu kukus, haluskan
  • 125 gram tepung ketan putih
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt air kapur sirih
  • 75 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
  • Daun pisang untuk sudi
BAHAN ISI :
  • 75 gram gula merah sisir
BAHAN PELAPIS, KUKUS :
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT KLEPON UBI UNGU :
  1. Campur ubi ungu, tepung ketan putih, dan garam. Masukkan air kapur sirih dan santan hangat sedikit - sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Ambil sedikit adonan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat.
  3. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
  4. Gulingkan di bahan pelapis yang sudah dikukus.
  5. Tata diatas daun sudi.
  6. Sasjikan untuk 38 buah.

Related Posts

Posting Komentar