CARA MEMBUAT PENDAP IKAN DAUN TALAS KHAS BENGKULU

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Pendap Ikan Daun Talas Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak. Beberapa waktu lalu order makanan ke saudara yang punya cafe resto tobo kito di bengkulu namanya pendap ikan pais/pepes rasonyo pedas gurih lemak rasonyo. Pendap adalah ikan kakap atau ikan lainnya yang dibumbui rempah-rempah dibungkus daun talas atau daun keladi sering juga disebut ikan pais, lalu difermentasi, jadi tidak cepat basi untuk dikirim ke luar kota, misalnya dari Bengkulu kirim ke Bandung atau jakarta, setelah kiriman tiba tinggal dipanasin langsung lalu langsung disantap dengan nasi putih panas mengepul. Mantaplah pokoknya.

Foto Resep Pendap Ikan Daun Talas Khas Bengkulu Sederhana Spesial Ikan Pais Lezat
Gambar Pendap Ikan Daun Talas

Menurut situs Wikipedia. Apa itu pendap?. Pendap adalah salah satu makanan khas di Provinsi Bengkulu bisa disebut berasal dari daerah Bengkulu. Pendap atau biasa disebut ikan pais ini mampu bersaing dengan sejumlah kuliner lainnya. Makanan khas dari Bengkulu ini telah menembus pasaran sejumlah kota di Indonesia, seperti Jakarta, Lampung, Palembang, Pangkal Pinang dan Jambi. Pendap memiliki cita rasa yang khas yang dapat menggugah selera makan terutama aroma khas daun talas sebagai pembungkusnya. Hebatnya lagi, makanan yang memiliki cita rasa yang pedas dan gurih ini, juga telah sukses menembus pasar mancanegara, mulai dari Australia, Belgia, Jepang, dan negara lainnya.

Pendap sering kali menjadi makanan favorit para wisatawan dari dalam sumatera maupun luar sumatera. Pendap memiliki kesamaan dengan pepes ikan terutama cara pembuatannya, perbedaannya ialah bahan yang digunakan serta daun talas sebagai pembungkusnya dan diikat dengan tali rafia.

Sejarah asal usul Pendap. Pandap/babutuk adalah makanan/masakan khas tradisional Krui, Lampung Barat, dan Kaur Bengkulu Selatan, yang berakar sejak jaman nenek moyang, purbakala. Ternyata Makanan favorit presiden RI pertama kita itu pendap(ikan pais) memang terbilang unik, tapi Seperti yang dikutip dari beberapa sumber, ikan pais (pendap) memang merupakan makanan favorit Soekarno selama menjalani masa pengasingan di Bengkulu sejak 1938 hingga 1942. Pendap memiliki rasa pedas dan gurih itu ciri khas pendap. Pendap dijadikan lauk makan nasi yang bisa meningkatkan selera makan seseorang. Ikan pais kelaponyo mudo disajikan dengan nasi putih paneh-paneh ulam kek jering mudo, menjadi makanan yang lemak rasonyo seperti lagu daerah Bengkulu Ikan Pais (pendap). Yolah kito nyanyi dulu sebelum masak pendap

LIRIK LAGU IKAN PAIS


Ikan pais..
kelaponyo mudo..
dibungkus daun talas rapih-rapih
diikek tali meisyang...


ikan pais..
enak rasonyo..
makan kek nasi putih pane pane
ulam kek jering mudo


reff :
Rasonyo oii lemak nian
makan sebungkus samo samo
nasi sepiring sudah habis
raso nak nambuh

Rasonyo oii lemak nian
badan keringek rintik rintik
sambalnyo pede nambuh lagi
habis segalo...

Masakan pendap ini pernah diusulkan menjadi warisan budaya tak benda oleh Provinsi Bengkulu. Pendap adalah makanan khas Bengkulu. pendap terbuat dari apa? dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam jenis, seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Kemudian, bahan-bahan itu dicampur merata dengan parutan kelapa muda itulah salah satu keunikan pendap selain itu pendap dibungkus dengan daun talas yang dapat dimakan langsung sama bungkusnya.

Meskipun Pendap adalah salah satu kuliner khas Bengkulu, selain itu juga memiliki masakan khas daerah yang tidak kalah nikmat dan terkenal juga, di antaranya adalah pendap, gulai tempoyak ikan dan tanpa ikan, bagar kambing, bagar hiu dari ikan hiu, dll. Jadi sisihkan waktu Anda saat berkunjung ke Bengkulu untuk menyantap beberapa kuliner lezat tersebut, Sekarang kita kembali ke kuliner pendap ternyata pamor dan gaungnya tidak hanya di Bengkulu saja akan tetapi juga gaungnya terkenal diberbagai daerah lainnya seperti Jakarta, Lampung, Lubuk Linggau, Palembang, Sumatera Selatan, Pangkal Pinang, Jambi, dan kini menyebar sampai ke daerah lain di Indonesia, karena sudah menjadi oleh-oleh khas Bengkulu. Apalagi telah dijual secara online oleh toko online, seperti tokopedia, bukalapak, kaskus, facebook, dll.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, makanan yang memiliki cita rasa lidah orang Indonesia pedas dan gurih ini, juga telah sukses menembus pasar mancanegara, mulai dari Australia, Belgia, Jepang dan negara lainnya.

Membuat Pendap ikan atau ikan pais ini caranya tidak terlalu sulit, Anda hanya membutuhkan bahan berupa, kelapa muda, asam pede, laos, kunyit, kemiri, ketumbar, bawang putih, bawang merah, daun jeruk purut, kelapa rendang, cabai, ikan gebur atau bisa diganti dengan ikan jemiin, ikan kakap merah, ikan gemuru, dan ikan terusan atau ikan gelamo, ikan guli teksturnya lembut dan tulangnya sedikit. Sementara itu bahan lainnya yang diperlukan yakni daun pisang dan daun talas untuk digunakan sebagai pembungkus, serta tali rapiah untuk mengikat daun pisang agar terbungkus rapih.

Selain memiliki cita rasa yang khas, ikan kembung yang biasa digunakan dalam pembuatan pendap ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan zat gizi serta banyak manfaatnya. Ikan kembung mengandung energi sebesar 103 kilokalori, 22 gram protein, 0 gram karbohidrat, 1 gram lemak, 20 miligram kalsium, 200 miligram fosfor, dan 1 miligram zat besi. Dalam ikan kembung juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, 0,05 miligram vitamin B1, dan 0 miligram vitamin C. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram ikan kembung, dengan jumlah yang dapat dimakan sekitar 80%.

Jika dilihat dari bentuknya mirip buntil atau mirip pepes ikan, kalau pepes ikan dibungkus daun pisang, sedangkan pendap dibungkuns dengan daun talas. Rasanya lezat dan pedesnya nendang cocok buat penyuka pedas. Harga pendap 30 ribu untuk porsi cukup buat makan 4/5 orang. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pendap ikan khas Bengkulu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung makan, rumah makan atau restoran ala cafe resto. Salah satunya yang terkenal yaitu pendap Cik Timah

RESEP PENDAP IKAN DAUN TALAS BENGKULU


BAHAN :
  • 4 ekor (400 gram) ikan kembung, dicuci bersih. Bisa juga ikan kakap
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
  • 1 tangkai daun seledri, diiris kasar
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 3 buah asam kandis
  • 5 lembar daun mangkukan, diiris kasar
  • 100 gram kelapa parut kasar, disangrai
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • Daun talas untuk membungkus
  • Daun pisang untuk membungkus kalau mau dikirim keluar kota Bengkulu
BUMBU HALUS :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 6 buah cabai merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit, dibakar
CARA MEMASAK PENDAP BENGKULU :
  1. Remas-remas daun mangkukan dengan 1/2 sendok teh garam. Cuci bersih. Tiriskan.
  2. Lumuri ikan kembung dengan setengah bagian bumbu halus. Bungkus seperti pepes. Kukus 30 menit sampai matang. Setelah matang, buka pepes. Letakkan di atas piring. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis sisa bumbu halus sampai harum.
  4. Tambahkan daun bawang, daun seledri, lengkuas, serai, asam kandis, dan daun mangkukan. Aduk sampai layu.
  5. Tambahkan kelapa parut. Aduk rata.
  6. Masukkan santan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang dan kuah kental. Siram ke atas ikan kembung.
  7. Sajikan untuk 4 porsi.

Related Posts

Posting Komentar