CARA MEMBUAT SALA LAUAK KHAS PARIAMAN

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Sala Lauak Khas Pariaman Sederhana Spesial Asli yang Enak dan Gurih. Sala lauak gorengan yang berasal dari Padang Pariaman, Sumatera Barat, SUMBAR dengan tekstur renyah kriuk di luar dan lembut di dalam berbentuk bola-bola bulat seukuran bola pingpong/tenis meja. Sala lauak crispy terbuat dari tepung beras dan bisa juga terbuat dari nasi untuk sala lauak nasi yang lembut dan empuk yang bentuknya bulek atau bulat.

Foto Resep Sala Lauak Khas Pariaman Padang Sederhana Spesial Asli yang Enak dan Gurih
Gambar Sala Lauak Khas Pariaman

Menurut situs Wikipedia. Sala lauak adalah makanan gorengan khas Pariaman, Sumatera Barat. Makanan ini berbentuk bola, mirip comro di Jawa Barat, namun alih-alih oncom, isi dari sala lauak biasanya teri atau udang halus. Biasanya teksturnya lembek di dalam dan renyah di permukaan.

Padang Pariaman khas Minang. Sala lauak adalah sajian gurih dan renyah (crispy) yang terbuat dari campuran adonan tepung beras dan ikan laut atau makanan laut (seafood) seperti ikan laut, udang, kepiting, cumi-cumi, sotong, gurita, dll.

Cara pembuatannya, campuran tepung beras dan ikan sungai cincang akan diuleni hingga kalis, lalu digoreng berbentuk bulatan kecil hingga berwarna cokelat keemasan atau kuning. Setelah adonan dibentuk bulat, biasanya akan diisi dengan ikan laut. Namun sekarang sudah jarang dibuat seperti itu, kebanyakan penjual akan langsung mencampurkan ikan ke dalam adonannya.

Foto Sala Lauak Mentah Belum Digoreng
Gambar Sala Lauak Mentah Belum Digoreng

Memiliki tekstur luar yang sedikit keras garing renyah kriuk namun lembut dan empuk di mulut, sala lauak memiliki cara penyajian yang berbeda-beda. Menurut Diki, Padang Pariaman biasa menyantap sala lauak bersama dengan lontong, irisan telur dan sayur paku.

Sementara itu, penduduk Pekanbaru lebih suka menyajikannya sebagai menu kudapan di kala senggang, yang dihidangkan bersama dengan cocolannya, yakni saus cabai bercita rasa asam. Kalau di Padang Pariaman pasangannya (sala lauak) adalah sayur paku. Percampuran bahan-bahan yang ada memperkaya tekstur hidangan saat disantap, tapi di makan langsung tanpa campuran juga enak,

Selain tersaji dalam keadaan gurih asin, terdapat pula sala lauak manis yang layak kamu coba saat melipir ke Kota Madani ini. Dalam pembuatannya, bola-bola sala lauak yang telah matang akan dibalut dengan kelapa parut dan gula, lalu disajikan tanpa adanya cocolan.

Di Pekanbaru, sala lauak biasanya dijajakan dengan menaiki sepeda atau sepeda motor yang bagian depannya diisi dengan etalase makanan khas Pekanbaru tersebut. Dibanderol dengan harga yang murah meriah, yakni Rp, 500 per buah, kamu sudah bisa menikmati si gurih nan renyah sala lauak khas Melayu ini.

Sala Lauak adolah makanan tradisional atau jajanan pasa nan populer di ranah Minangkabau atau Sumatera Barat nan asanyo dari Pariaman. Sala dapek ditamukan di pasa tradisional ataupun restoran lapak nan alah modern namun pado umumnyo sala banyak di jua padagang kaki limo. Sala lauak sangaiklah populer di daerah rantau pado ranah minangkabau, karano pado dasarnyo makanan iko indak dapek lapeh dari pasisia ataulah lauik.

Sacaro harfiah, kato sala dapek diartian sabagai 'goreang', nan artinyo digunoan untuak babagai makanan nan diolah jo caro digoreang, mangkonyo sala lauak ko dapek pulo di hidangan lain nan ado sabuikan sala samacam nasi sala, sala udang, dan sala kapitiang. Adopun lauak sacaro sederhana artinyo ikan. Jadi dalam bahasa Indonesia sala lauak artinya gorengan ikan.

Sala lauak nan paliang umum adolah nan babantuak bulek sagadang bola pingpong. Sala babantuak bulek iko tabuek dari lauak asin nan di aluihkan jo dicampua basamo adonan tapuang bareh nan dibumbui bawang putiah. Sala jenis ikopunyo tekstur bagian lua nan agak kareh dan bagian dalamnyo nan labiah lunak.

Ragam sala lauak marupokan pangambangan dari sala lauak, sala lauak nan sifaiknyo indak dapek lapeh dari pasisia atau lauik menjadian pangambangan pado sala sandiri jo maubah bahan utamo pado sumber daya lauik, macamnyo camilan khas Minang ini :

Sala Udang
  • Sala udang marupokan pangambangan dari sala lauak pado dasarnyo. Sala Udang bahan utamonyo adolah udang, bantuak dari sala udang babeda pado sala lauak bulek nan sarupo jo bola, sala udang babantuak tipihan tapuang malingka nan diatehnyo ditabuakan udang. Proses mambueknyo masih samo jo sala lauak bulek nan digoreang.
Sala Kapitiang
  • Sala kapitiang adolah salah satu pangambangan dari sala luak, jiko diliek dari jauah sala kapitiang bantuaknyo sarupo jo sala udang dan babeda samo sala lauak bulek. sala kapitiang sarupo kapitiang goreang namun ditambah samo adonan tapuang sala katiko digoreang. Sala Kapitiang labiah acok dan cocok dimakan samo nasi.
Nasi Sala
  • Nasi sala adolah sala nan dihidangan basamo nasi jo sambalado. Nasi sala biaso dihidangan di makan pagi atau sarapan karano mamuek porsi nan indak gadang jo sarupo samo lontoang.
Nah, Untuk dunsanak penggemar sala lauak makanan khas Pariaman Sumatera Barat, sekarang bisa membuat sala sendiri, Tepung Sala Lauak Pariaman " Khusus" tepung sala yang praktis karena terbuat dari tepung beras yang sudah dibumbui dan dikeringkan, tanpa pengawet, dilengkapi dengan keterangan cara membuatnya sehingga dunsanak bisa membuat sala sendiri di rumah Anda, kapanpun anda mau, lapeh taragak jo kampuang!.

Tepung Sala Lauak Khusus sudah terkenal di kampuang halaman​ untuk oleh -oleh yang digemari karena praktis untuk membuat sala lauak. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sala lauak khas Pariaman Minangkabau anti meletus atau anti meledak dan anti gagal lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk jualan ide usaha bisnis gorengan komplit.

RESEP SALA LAUAK UDANG REBON


BAHAN :
  • 125 gram tepung beras
  • 15 gram udang rebon, direndam air panas, tiriskan
  • 1 lembar daun kunyit, diiris halus
  • 1/2 sdt garam
  • 180 ml air mendidih
BUMBU HALUS :
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm lengkuas
CARA MEMBUAT SALA LAUAK UDANG REBON :
  1. Campurkan tepung beras dan bumbu halus. Sangrai 15 menit hingga kekuningan. Angkat.
  2. Tambahkan rebon, daun kunyit, garam, dan air mendidih. Aduk rata sampai dapat dibentuk.
  3. Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat. Goreng hingga kuning kecokelatan dan matang.
  4. Sajikan untuk 15 Buah.

RESEP SALA LAUAK IKAN PEDA


Foto Bahan-bahan dan Bumbu-bumbu Sala Lauak Khas Pariaman
Gambar Bahan dan Bumbu Sala Lauak Ikan Peda

BAHAN :
  • 400 gram tepung beras
  • 500 ml air mendidih, campur denga 1/2 bungkus bubuk kaldu rasa sapi
  • 1 ikan asin peda, goreng dan suwir-suwir kecil (boleh diganti ikan bulu ayam atau ikan asin lainnya atau ikan kering)
  • 2 lbr daun kunyit segar, iris halus
BUMBU HALUS :
  • 8 buah cabe merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt garam
CATATAN :
  • Setelah Halus kemudian di tumis, sampai aromanya harum
CARA MEMBUAT SALA LAUAK IKAN PEDA :
  1. Letakkan tepung beras kedalam wadah besar.
  2. Masukkan bumbu halus dan irisan daun kunyit.
  3. Masukkan 500 ml air mendidih sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu.
  4. Bila sudah agak dingin, uleni dengan tangan sampai kalis.
  5. Ambil adonan sebesar bola pimpong, masukkan ikan asin kedalamnya.
  6. Tutup kembali dan bentuk bulatan sebesar bola pimpong (dapat juga menggunakan dua buah sendok untuk membuat bulatan sesuai selera).
  7. Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan hingga matang
  8. Sajikan untuk 30 buah bola-bola sala lauak ukukan sebesar bola pingpong.

RESEP SALA LAUAK IKAN TERI


BAHAN :
  • 500 gram tepung beras
  • 50 gram ikan teri kering
  • 1 ruas jempol jahe
  • 1/2 ruas jempol kunyit
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm cabe giling halus
  • Garam halus secukupnya
  • 1 liter air mendidih kurang lebih
  • 1 lembar daun kunyit ukuran sedang
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng
CARA MEMBUAT SALA LAUAK IKAN TERI :
  1. Siapkan semua bumbu.
  2. Bersihkan ikan teri.
  3. Giling halus teri, jahe, kunyit, bawang merah, dan bawang putih.
  4. Iris halus daun kunyit.
  5. Sangrai tepung beras dengan api kecil kurang lebih 10 menit,
  6. Aduk terus jangan sampai tepung hangus.
  7. Setelah tepung agak masak masukkan garam dan daun kunyit.
  8. Setelah tepung disangrai matikan api
  9. Angkat dari kompor.
  10. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, cabai giling,
  11. Ditambah dengan air yang mendidih,
  12. Aduk rata sampai adonan tercampur rata.
  13. Jumlah air tidak bisa dipastikan jadi kira-kira adonan jangan sampai terlalu lembut atau basah,yang penting adonan sudah bisa dibulat-bulatkan.
  14. Bulat-bulatkan adonan (ukuran sesuai selera)
  15. Goreng sala lauak dengan minyak yang banyak dan api sedang.
  16. Jika sudah matang angkat sala lauak tersebut biasanya berwarna kuning-kuningan cerah, sala lauakpun siap di hidangkan.
  17. Sajikan.

TIPS & TRICKS :

Tips sala lauak agar tidak meledak atau meletus dan tidak bantet, saat menggoreng kuncinya minyak gorengnya harus banyak dan tunggu benar-benar panas, lalu masukkan sala nya. Jangan diaduk-aduk dulu sebelum bawah kering dan agak terangkat ke atas setelah itu boleh di balik-balik kalau ada yang belum kering sampai dia benar-benar kering dan warna sudah bagus sudah agak keras baru diangkat dan tiriskan.

Related Posts

Posting Komentar