CARA MEMBUAT KUE IWEL IWEL

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Kue Iwel Iwel Tradisional Sederhana Spesial Asli Enak Lembut dan Empuk. Jajanan tradisional orang Jawa satu ini biasanya hanya bisa ditemui ketika acara selamatan atau menyambut kelahiran bayi atau ulang tahun yang istilah orang Jawanya disebut “Ngampirne Neton”. Memang jarang Anda bisa menjumpai kue ini dijual di pasar-pasar tradisional karena hanya dibuat ketika sambutan kelahiran atau selamatan kelahiran bayi saja.

Foto Resep Kue Iwel2 Tradisional Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Iwel Iwel Tradisional

Kue Tradisional Iwel Iwel ini adalah panganan tradisonal dari ketan yang berasal dari Jawa Timur. Panganan ini sangat tradisional yang telah lumayan langka, rasanya sangat manis dapat memanjakan lidah anda saat menikmatinya. Sebagian orang Jawa menyebut makanan kue basah ini dengan nama dodol iwel. Selain kue iwel khas Jawa Timur ada juga kue iwel khas Bali. Kue iwel iwel ini ada 2 jenis yang pertama kue iwel ketan dan kue iwel2 mutiara.

Sedangkan untuk membuat kue iwel-iwel beras ketan ini memang terbilang gampang. Mudah dalam hal menyiapkan bahan dan juga cara pembuatanya. Berikut ini kami paparkan alat dan bahan-bahan yang digunakan serta cara pembuatanya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih iwel iwel manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jajanan kue basah dan cemilan.

RESEP KUE IWEL IWEL


BAHAN :
  • 200 gram tepung ketan
  • 250 gram kelapa parut yg tidak terlalu tua
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gram gula merah,sisir kasar
  • 2 lbr daun pandan,simpulkan
  • Daun pisang dan lidi,secukupnya
CARA MEMBUAT KUE IWEL IWEL :
  1. Siapkan wadah ukuran besar, masukkan tepung ketan, kelapa parut, garam dan juga gula pasir. Aduk-aduk sampai tercampur rata jangan sampai bergerindil.
  2. Selanjutnya ambil 1 lembar daun pisang yang telah dipotong-potong, kemudian alasi dengan daun pandan di dalam daun pisang.
  3. Beri adonan secukupnya lalu tambahkan irisan gula merah, bungkus lalu sematkan dengan lidi. Lakukan sampai adonan habis.
  4. kukus hingga matang kurang lebih 30 menit. Angkat.
  5. Sajikan ketika masih hangat.

Related Posts

Posting Komentar