CARA MEMBUAT KOPI BIJI PEPAYA

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Kopi Biji Pepaya Sederhana Spesial Asli Enak. Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Namun, kopi yang biasanya kita seduh, pada umumnya meninggalkan ampas kopi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kopi menjadi sumber antioksidan terbesar dibanding teh hitam, pisang, kacang-kacangan kering dan jagung. Selain kandungan antioksidan yang tinggi, minuman ini mengandung sumber kafein yang sangat tinggi. Saat ini telah ada teknologi pengolahan kopi non kafein dengan melalui proses dekafeinasi, namun proses teknologi tersebut masih dirasa terlalu mahal sehingga harga produk olahan kopi non kafein yang beredar dipasaran sangat mahal.

Foto Resep Kopi Biji Pepaya Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kopi Biji Pepaya

Sementara itu keberadaan buah pepaya sangat melimpah. Biji pepaya yang memiliki rasa pahit, pedas
dan beraroma menyengat menjadikan kurang diminati sebagai bahan konsumsi. Biji pepaya masih dianggap limbah oleh masyarakat dan belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal biji pepaya ini memiliki efek farmakologis bagi tubuh manusia karena adanya kandungan senyawa kompleks di dalamnya. Senyawa tersebut antara lain tanin, fenol, saponin, dan alkaloid yang bermanfaat sebagai antidiare. Dari sinilah para mahasiswa FMIPA UNY yaitu Pony Salimah Nukhaffah dan Dwi Kawuryani prodi pendidikan matematika, Yashinta Devi dan Cici Nur Hidayati prodi kimia serta Masruroh prodi pendidikan biologi mengolah biji pepaya tersebut menjadi kopi.

Ketua kelompok, Pony Salimah Nurkhaffah mengatakan bahwa biji papaya juga dapat digunakan sebagai antioksidan alami karena adanya kandungan etanol, petroleum eter, etil asetat, dan n-butanol. “Senyawa kompleks lain yang terkandung di dalam biji pepaya yang tentunya baik untuk kesehatan yaitu Ca, Mg, Fe, P, lemak, protein, serat kasar, karbohidrat, vitamin C, niasin, thiamin, riboflavin, dan beta carotene” ungkap Pony. Dwi Kawuryani menambahkan bahwa kopi biji pepaya ini disajikan menjadi kopi yang praktis dengan model kopi celup tinggal seduh. “Sehingga proses penyajiannya juga mudah dan cepat” kata Dwi. Harapannya produk minuman dari bubuk biji pepaya diharapkan menjadi salah satu alternatif pengganti kopi non kafein.

Cara pembuatannya dijelaskan oleh Masruroh sebagai berikut:bahan yang digunakan adalah biji pepaya, jagung, kelapa muda, jahe, daun mint dan air. Tahap persiapan meliputi pengumpulan bahan yang dibutuhkan yaitu biji pepaya (50%), jagung (20%), kelapa muda (10%), dan varian rasa (20%) yang terdiri dari daun mint, jahe, dan bubuk coklat. “Pada tahap ini, dilakukan pemotongan kelapa muda menjadi bagian-bagian kecil” kata Masruroh. Kemudian biji pepaya dijemur selama 1-2 hari atau dengan menggunakan oven kompor pada suhu 700 Celcius hingga kering. Lalu dilakukan tahap penyangraian terhadap biji pepaya, jagung, kelapa muda, serta tahap aromatisasi dengan penambahan varian rasa yang diinginkan. Proses penyangraian dilakukan selama 30 menit dengan temperatur 200 derajat Celcius.

Setelah disangrai bahan-bahan kemudian dihaluskan menggunakan blender. Tahap terakhir yaitu pengemasan. Terdapat dua tahap pengemasan, yaitu bubuk kopi yang telah dihaluskan dimasukkan ke dalam kantung teabag. Yang kedua dimasukkan ke kemasan luar sebagai packaging. Kemasan yang digunakan mampu melindungi kopi dari absorbsi kelembaban yang tidak hanya menyebabkan kopi dalam kantung filter menggumpal (mengeras/memadat), namun juga mempercepat penurunan aroma. Kopi biji pepaya ditimbang seberat 5 gram per kantungnya.

Khasiat dan Manfaat Kopi Biji Pepaya
  • Ekstrak biji pepaya mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal, dan biji pepaya juga mampu membunuh parasit yang bersarang di dalam pencernaan.
  • Biji buah pepaya juga berguna sebagai antioksidan dalam darah. Ini teruji dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya, secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.
  • Ekstrak biji buah pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, anthraquinones, dan anthocyanosides. Dengan adanya kandungan tersebut maka biji buah pepaya mempunyai efek hipolipidemia dan antioksidan dalam darah yang sangat luar biasa.
"Buktikan dalam 14 hari pencernaan anda pasti akan semakin sehat dan tubuh semakin bugar. Saya dan keluarga sudah mencobanya, orang tua saya yang sebelumnya kolesterolnya mencapai 270, dalam 10 hari menjadi 170. Pasien saya pun telah menerapkan metode ini. Aman dan Alami", itu yang dikatakan oleh dokter Wahyu Triasmara, dalam Club Diet Sehat Bersama dr. Wahyu Triasmara – DrW, di Facebook pdf. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kopi biji pepaya sajian sedap mantap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kopi biji-bijian buah.

RESEP KOPI BIJI PEPAYA


BAHAN :
  • Biji Pepaya
CARA MEMBUAT KOPI BIJI PEPAYA :
  1. Cuci biji buah pepaya, jemur 2-3 hari
  2. Setelah kering, blender atau tumbuk buah biji pepaya hingga menjadi serbuk
  3. Ambil satu sendok teh serbuk buah biji pepaya dan campurkan dengan satu gelas air hangat. Bisa juga dicampurkan dengan madu atau sedikit gula agar rasanya lebih nikmat, atau bisa dibuat Jus langsung campur daging buah pepaya dengan bijinya dan minum 1-2 gelas jus biji pepaya tersebut setiap hari.
  4. Sajikan.

Related Posts

Posting Komentar