CARA MEMBUAT KEFIR SUSU SENDIRI

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Kefir Susu Fermentasi Sederhana Buatan Sendiri Spesial Asli Enak. Minuman susu kefir (Milk Kefir) ini bisa terbuat dari bahan utama susu sapi, susu kambing biasa/susu etawa/susu kambing etawa, dll. Kefir selain diminum untuk kesehatan atau untuk obat juga berguna sebagai masker untuk kecantikan kulit wajah namanya kefir masker.

Foto Resep Kefir Susu Fermentasi Sederhana Buatan Sendiri Spesial Asli Enak Kemasan Botol Plastik
Gambar Susu Kefir Kemasan Botol Produk Sendiri

Menurut situs Wikipedia. Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi yang berasal dari daerah Kaukasus. Cara pembuatannya adalah dengan memasukaan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing, atau domba. Kefir tradisional dibuat di dalam tas kulit kambing dan digantung di dekat pintu, tas ini akan bergoyang ketika seseorang membuka pintu sehingga susu dan kefir akan tercampur.

Kefir telah dikenal dan dikonsumsi masyarakat pegunungan Kaukasus Utara, Rusia, selama lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Biji kefir diberikan oleh Nabi Muhammad kepada rakyat Kaukasus (Causcasus) dan menjadi semacam “pusaka” yang diwariskan secara turun temurun.

Istilah kefir berasal dari bahasa Turki, ke’if, yang artinya enak, keadaan (kondisi) yang baik. Dari wujudnya, kefir berbeda dari yoghurt yang juga merupakan hasil fermentasi susu. Kefir berwujud cair, sedang yoghurt berwujud kental.

Dugaan yang lebih memiliki landasan adalah bahwa nama Kefir berasal dari "kaafuura", yaitu nama mata air di surga yang airnya berwarna putih, harum baunya dan lezat rasanya. Kata ini tercantum dalam Al Qur'an, yaitu pada Surat Al Insaan, ayat 5. Kefir merupakan salah satu jenis susu fermentasi dengan menggunakan kultur starter berupa biji kefir, namun dapat juga menggunakan starter cair kefir. Selain dibuat dari susu sapi, kefir juga dapat dibuat dengan menggunakan susu kambing.

Kefir bandung menyedikan bibit kefir yang dijamin kualitasnya, bisa dikirim ke seluruh wilayah indonesia. bibit kefir tahan selam seminggu lebih di perjalanan karena itu jangan khawatir buat yang berada di luar kota Bandung atau pun di luar Pulau Jawa insyaallah kefir akan aman dan tetap sehat sampai di tujuan.

Pembuatan kefir merupakan suatu cara murah untuk mengawetkan susu. Metode pembuatannya pun sederhana sehingga dapat dilakukan dalam skala rumah tangga.

Kefir dibuat dari susu dan butiran bibit kefir. Bahannya bisa susu kambing, domba, atau sapi. Bibit kefir dapat dibeli atau diperoleh dari “sisa” kefir sebelumnya. Jika disimpan secara benar, bibit kefir dapat digunakan beberapa kali tanpa batas.

Varian Kefir

Berikut Macam Macam Jenis Kefir.

KEFIR PRIMA

Kefir Prima beraroma asam sedang, yang secara umum dapat diterima oleh setiap orang, sehingga baik disajikan sebagai minuman yang menyegarkan. Kefir Prima merupakan minuman/makanan dengan gizi paling lengkap. Kefir ini dibuat dengan menggunakan Kefir Grains, jadi, merupakan turunan pertama (mother culture) sehingga dapat dijadikan sebagai bibit praktis.

Pada proses fermentasi Kefir, akan terjadi pemisahan antara bagian bening (whey) dan bagian putih/kental (curd). Bagian putih yang biasanya berada di lapisan atas dari wadah fermentasi, disebut Kefir Prima.

Kefir ini cukup kental, karena pada saat produksi, bagian yang bening dipisahkan menjadi produk tersendiri, yaitu Kefir Bening (Kefir Whey/W).

Semua khasiat Kefir terdapat pada Kefir Prima ini, dengan fokus pada penanggulangan masalah pencernaan, menjaga fungsi liver, diet standard penderita diabetes, dan peningkatan kebugaran.

KEFIR BENING

Kefir Bening terbuat dari whey yang terbentuk pada saat proses pembuatan Kefir. Kefir ini dikenal di Indonesia sebagai obat diabetes. Kefir Bening merupakan minuman isotonik dengan kualitas SUPER, karena paling sesuai dengan cairan tubuh manusia dan hewan pada umumnya. Untuk penderita diabetes, Kefir ini sekaligus berfungsi sebagai asupan insulin, karena seperti kita ketahui, insulin yang digunakan oleh penderita diabetes juga ada yang berasal dari insulin sapi. Kefir ini sangat cepat mengatasi dehidrasi, baik akibat panas, keluar keringat berlebihan maupun sebagai pengganti oralit, karena lebih bagus dan seimbang daripada oralit.

Kefir ini juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan asinan (sauerkraut) dan pengganti cuka dapur yang aman terhadap iritasi lambung.

KEFIR MEDIKA

Kefir Medika mempunyai aroma dan rasa asam yang tajam. Kefir ini mempunyai efek pengobatan yang kuat. Konsumsi Kefir ini sebaiknya diikuti dengan konsumsi makanan berserat. Kefir jenis inilah yang digunakan untuk menunjang pengobatan tuberculo-sis di sanatorium Rusia, karena mempunyai efek antibiotika yang kuat. Cocok untuk mengatasi penyakit infeksi seperti hepatitis, DBD, Herpes dsb.

Ekstrak Kefir ini digunakan sebagai bahan untuk membuat obat luar, seperti untuk mengobati sengatan matahari, dan untuk beberapa jenis infeksi kulit, seperti eksim, kutu air dan sejenisnya. Kefir ini juga digunakan sebagai bahan dasar dan campuran untuk pembuatan kosmetika, seperti cleansing cream, foundation, anti ketombe dsb.

KEFIR SOYA

Kefir Soya terbuat dari 50-70% susu kedelai dan 30-50% susu sapi. Kefir ini mengandung lecithin, yang berguna untuk memperbaiki kondisi pembuluh darah koroner di jantung. Direkomendasikan juga untuk yang membutuhkan seluruh manfaat susu dan kedelai, yaitu yang menderita diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

KEFIR OPTIMA

Kefir Optima ini khasiatnya praktis sama dengan Kefir Prima dan Kefir Bening yang dicampurkan, dan dapat menggantikan semua varian Kefir, hanya volumenya perlu sedikit disesuaikan.

KEFIR KOLOSTRUM

Kefir ini dibuat dari Kolostrum yang diambil dari perahan susu sapi yang baru melahirkan, yaitu perahan pertama dan kedua (perioda sd 16 jam dari saat melahirkan. Kefir Kolostrum ini merupakan substansi yang memiliki daya pengobatan paling tinggi. Digunakan untuk proses penyembuhan penakit berat(kanker, hepatitis, komplikasi diabetes dsb), bayi yang lahir prematur, stroke, dll.

KEFIR SUSU KAMBING

Kefir G ini merupakan hasil fermentasi susu kambing Etawa (Etawa Goat) dengan menggunakan Kefir Grains sebagai bibitnya . Hasilnya juga tidak dipisahkan antara curd/bagian yang putih/padatan tidak larut, dengan Kefir Beningnya.

Kefir Susu Kambing ini diyakini memiliki khasiat yang lebih baik daari susu sapi, namun harganya cukup mahal apalagi kefir etawa yang terbuat dari susu kambing etawa.

Pembuatan Kefir sangat mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja di rumah, dengan hanya bermodalkan susu segar, kebutuhan gizi sekeluarga terpenuhi, dibandingkan harus membeli kefir yang sudah jadi tentu harganya cukup mahal, karena khasiat kefir akan lebih bermanfaat bila diminum secara rutin. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kefir susu tradisional sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri secara alami di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis restoran kefir dengan menu kefir susu buah dengan aneka rasa buah segar.

RESEP KEFIR SUSU SAPI


BAHAN :
  • Kultur kefir / Grains
  • Susu sapi segar (pasteurisasi/mentah)
PERALATAN :
  • Toples kaca / toples plastic
  • Spatula
  • Saringan tepung
  • Wadah plastic
  • Botol / Jar
*Peralatan terbuat dari plastik dan steril

CARA MEMBUAT KEFIR SUSU SAPI :
  1. Siapkan grains sebanyak 100 gram (untuk susu sebanyak 1-2 liter) sebagai starter letakkan di tempat dan wadah yang steril. Masukkan susu sapi segar (raw milk) / susu yang sudah dipasteurisasi yang bersuhu ruangan, antara 23 – 30 derajat celciuske dalam toples kaca / plastik.
  2. Masukkan grains ke dalam toples yang berisi susu, lalu aduk perlahan.
  3. Setelah itu tutup toples, dan taruh toples di ruangan yang bersih dan hangat tanpa terkena sinar matahari selama 24 – 48 jam. (Proses ini disebut proses fermentasi, semakin lama akan semakin kecut rasanya).
  4. Setelah difermentasi selama 24 jam, buka toples dan aduk perlahan-lahan kefir hingga tercampur secara homogen. Kemudian tutup kembali, dan simpan kembali. Setelah kurang lebih 6 jam, akan terlihat pemisahan antarawhey (kefir bening) dengan curd (kefir kental). Aduk kembali dan kefir siap untuk dipanen.
  5. Untuk panen, siapkan saringan tepung, wadah plastik dan spatula.
  6. Kefir dalam toples disaring hingga tertinggal grains yang bercampur dengan sedikit kefir kental.
  7. Gunakan spatula untuk membantu penyaringan.
  8. Suhu yang disarankan untuk kefir adalah maksimal 4 derajat celcius. Kefir akan bertahan hingga 1 bulan. Letakkan kefir di chiller / bagian dari lemari pendingin. Bisa juga disimpan di freezer untuk penyimpanan yang lebih lama.

CARA MEMELIHARA GRAINS : setelah dipakai grains di simpan di kulkas/chiller dgn direndam oleh susu segar, susu bisa diganti 3-5 hari sekali, apabila grains akan dipakai lagi, grains dicuci terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan susu segar atau dengan menggunakan kefir beningnya/whey.
Grains yang sudah bersih bisa dibuat untuk membuat kefir lagi. Mengulang proses dari yang pertama.

CARA MENGEMBANGKAN BIBIT KEFIR

Bagaimana cara mengembangkan bibit kefir?. Sebenarnya tidak ada cara khusus bagaimana cara mengembangkan bibit kefir itu, karena pada dasarnya sifat bibit kefir yang sehat itu, setiap kali difermentasi akan mengalami penambahan/berkembang sekitar 5-10 % dari jumlah bibit awal.

Saya akan memberikan tips-tips cara mengembangkan bibit kefir agar bibit cepat bertambah :

  1. Pakailah susu segar, yaitu susu murni dari peternakan bukan susu kemasan.
  2. Semakin singkat waktu fermentasi maka bibit kefir biasanya lebih gemuk-gemuk, jadi otomatis beratnya lebih banyak. Sehingga bibit yang dimasukkan ke susu 24 jam dibandingkan yang 48 jam ketika disaring akan lebih gemuk-gemuk.
  3. Ketika panen/disaring, bibit kefir jangan ditekan2 oleh sendok, cukup di goyang-goyangkan saja saringannya.
  4. Semakin sering bibit melakukan fermentasi akan semakin cepat bibit berkembang. jadi ada istilah mengistirahatkan kefir bukan berarti bila kefir terus menerus di fermentasi akan kelelahan jadi diistirahatkan, diistirahatkan itu biasanya karena persediaan kefir masih banyak jadi bibit kefir tidak dipakai fermentasi. yang sebenarnya terjadi semakin sering bibit difermentasi maka bibit atau bakteri-bakteri di dalamnya akan senang karena terus mendapat makanan berlimpah. Tips dari saya seringlah bibitnya difermentasi, maka akan sehat sepanjang masa bibitnya, bisa diwariskan kepada anak cucu.
Harga bibit kefir : 220 rb/ 100 gram, bisa dipakai buat fermentasi 2 liter susu.

MANFAAT KEFIR
  1. Menyembuhkan sakit Maag
  2. Meringankan dan menyembuhkan sakit diabetes.
  3. Mencegah serangan asma, mencegah asma kambuh, mengobati asma saat sedang kambuh
  4. Membantu memperbaiki fungsi empedu dan pankreas,
  5. Menyembuhkan Candidiasis (serangan jamur pada organ selaput lendir pada mulut), sering terjadi pada bayi.
  6. Mencegah dan meringankan sakit haemorrhoid (ambeien/wasir)
  7. Memperkuat otot jantung. Mencegah jantung koroner
  8. Sebagai sumber bakteri probiotik yang baik bagi usus
  9. Mengendalikan berat badan
  10. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis
  11. Membersihkan saluran pencernaan
  12. Mencegah dan mengobati encok
  13. Membersihkan saluran pencernaan
  14. Baik bagi ibu hamil, sumber kalsium dan magnesium selama hamil
  15. Membantu menurunkan kolesterol jahat
  16. Sebagai antioksidan penangkal radikal bebas
  17. Mencegah kanker saluran pencernaan dan kanker usus besar
  18. Baik bagi penderita patah tulang karena mampu mensuplai kalsium dan magnesium untuk proses regenerasi tulang yang patah.
  19. DAN LAIN-LAIN, masih banyak lagi manfaat kefir, pada dasarnya kefir memperbaiki keseluruhan metabolisme tubuh.
  20. Kefir mempunyai banyak manfaat, karena itu jangan ragu untuk memesan kefir di KEFIR BANDUNG, Kefir Bandung menyediakan kefir yang berkualitas, karena berasal 100% dari susu sapi segar.

Related Posts

Posting Komentar