CARA MEMBUAT SIRUP MARKISA ASLI HOMEMADE

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Sirup Markisa Manis Medan Homemade Sederhana Buatan Sendiri Spesial Kental Asli Enak. Pada artikel Carabuatresep kali ini kita mencoba eksplore proses cara pembuatan sirup atau sirop yang berasal dari buah segar, bisa dikatakan ini sirup buah segar, jadi berbeda dengan sirup instan yang dijual di pasar-pasar tradisional sampai swalayan super market, seperti merk sirup Marjan, sirup Frambozen, dll. Kedepannya artikel tentang sirup ini akan dikembangkan, misalnya sirup timun, sirup es teler, sirup jeruk, sirup belimbing wuluh, sirup cocopandan, sirup gula, sirup jahe, sirup melon, sirup leci, sirup merah untuk es campur, sirup gula untuk es teler, sirup buah, dll.

Foto Resep Sirup Markisa Manis Medan Homemade Sederhana Buatan Sendiri Spesial Kental Asli Enak
Gambar Sirup Markisa Rumahan Homemade

Sirup adalah cairan berkadar gula tinggi. Untuk rasa dan flavor, sirup dilarutkan dengan sari buah, atau larutan gula ditambah dengan buah. Sirup markisa dapat disimpan lama tanpa penambahan bahan dan tanpa sterilisasi karena tingginya kadar gula (67,5%) dan rendahnya pH (di bawah 4,0). Pembuatan sirup markisa cukup mudah, dan dapat dikerjakan dengan alat sederhana. Pada tulisan ini dijelaskan pengelolaan sirup markisa untuk industri kecil.

Menurut situs Wikipedia. Markisa tergolong ke dalam tanaman genus P assiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning. Nama lain yang dikenal untuk buah ini antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), dan Lạc tiên, Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam).

Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan. dI Sumatera Utara terkenal dengan nama markisa Medan dan di Sulawesi Selatan disebut dengan markisa Makassar.

Baca Juga : Cara Buat Sirup

Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatra Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva). Di Sumatra Barat markisa tumbuh di daerah Kabupaten Solok, khususnya di kecamatan Lembah Gumanti dan Lembang Jaya. Nah, kalau buah markisa ini dikenal dengan nama markisa Padang.

Tanaman Markisa tumbuh di daerah yang sejuk, dengan ketinggian 600 - 1600 meter di atas permukaan laut dan paling ideal di atas 1000 meter. Markisa juga tumbuh baik di daerah subur dan ber-PH normal, serta daerah dengan drainase yang cukup baik sehingga menghindaari tergenangnya air.

Cara membuat sirup markisa tanpa blender atau pakai blender. Agar sirup markisa tahan lama dapat diberikan pengawet minuman dan makanan yang aman karena untuk dijual secara luas. Masalah komposisi bahan resep bisa disesuaikan dengan jumlah produksi. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sirup markisa asli sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka sirup buah segar.

RESEP SIRUP MARKISA (PASSION FRUIT SYRUP)


BAHAN :
  • Buah Markisa. Buah yang digunakan adalah buah yang sudah matang sempurna, bisa juga gunakan markisa hijau.
  • Gula psir putih bersih. Gula digiling ata diblender sampai halus
  • Natrium bisulfit. Bahan ini digunakan untuk mencegah reaksi pencoklatan pada sari buah markisa
  • Bahan pewarna kuning untuk minuman dan makanan
  • Air berkaporit 4-8 ppm. Untuk membuat 1 m3 air berkaporit dilakukan dengan melarutkan 4 sampai 8 g kaporit ke dalam 1 m3 air bersih
  • Larutan CMC. Bahan ini digunakan utnuk mengentalkan sirup. Sebelum digunakan, CMC direndam di dalam air selama semalam. Setiap 1 gram CMC direndam di dalam 50 ml air. Setelah itu, dilakukan pengadukan agar semua CMC terlarut.
PERALATAN :
  • Pisau dan talenan. Alat ini digunakan untuk membelah buah markisa yang akan diekstrak cairan buahnya.
  • Ember atau baskom plastik. Alat ini digunakan untuk menampung cairan (sari buah) dari hasil pemerasan markisa.
  • Kain saring. Alat ini digunakan untuk menyaring sari markisa.
  • Panci tahan asam. Alat ini digunakan untuk memasak sirup markisa.
  • Pemisah cairan buah. Alat ini digunakan untuk memisahkan cairan dari biji dan pulp. Ada dua jenis alat yang dapat digunakan untuk pemisah, yaitu alat pres , dan pemisah sentrifugal
CARA MEMBUAT SIRUP MARKISA MEDAN KENTAL :
  1. Pencucian buah. Buah dicuci dengan deterjen, kemudian dibilas dengan air bersih. Setelah itu buah direndam di dalam air yang mengandung kaporit 4-8 ppm selama 15 menit. Setelah itu, buah ditiriskan.
  2. Ekstraksi sari buah. Buah dibelah dua, dan isi buah dikeluarkan dan buah ditempatkan pada wadah yang bersih. a. Pemisahan dengan pemisah sentrifugal. Isi buah dimasukkan ke dalam selinder alat pemisah sentrifugal untuk pemisahan cairan sari buah dari biji dan pulp. Selinder dijalankan dengan motor listrik dengan kecepatan 3000-5000 rpm. b. Pemisahan dengan alat pres. Pemisahan dapat juga dilakukan dengan alat pres. Isi dibungkus dengan kain blacu yang kuat, kemudian diperas dengan alat pres untuk mengeluarkan sari buah. c. Jika tidak mempunyai alat pemisah, sari buah dapat diekstrak dengan menggunakan kain saring. Isi buah dengan kain saring, kemudian diremas-remas untuk mengeluarkan sari buahnya.
  3. Penambahan bahan pengawet. Sari buah hasil pemerasan disaring dengan kain saring, kemudian ditambah dengan natrium bisulfit dan natrium benzoat. Setiap 1 liter sari buah ditambah dengan 2 g natrium bisulfit, 0,5 g natrium benzoat.
  4. Pemisahan padatan dari cairan sari buah. a. Larutan ini dimasukkan ke dalam alat pemisah, kemudian didiamkan selama 2 malam di dalam lemari pendingin. b. Pada dasar wadah akan terkumpul endapan dan cairan keruh. Endapan dan cairan keruh ini dibuang. Caranya dengan membuka saluran udara pada bagian atas alat pemisah, kemudian membuka saluran keluar pada dasar wadah. Dengan demikian endapan dan cairan keruh akan mengalir keluar. c. Proses di atas tidak harus dilakukan. Dengan demikian proses dari No. 3 dapat dilanjutkan langsung ke No. 5.
  5. Pengentalan sirup. Sari buah ditambah dengan larutan CMC untuk mengentalkan sari buah. Setiap 1 liter sari buah ditambah dengan 10 ml larutan CMC. Setelah itu dilakukan pengadukan agar CMC menyebar rata.
  6. Penambahan gula. Sari buah dipanaskan sambil diaduk dan ditambah asam sitrat dan gula sedikit demi sedikit sampai suhu mencapai 900C. pemanasan pada suhu ini dipertahankan selama 15 menit. Setiap 1 liter sari buah ditambah dengan asam sitrat sebanyak 1-2 gram dan gula pasir sebanyak 1 kg.
  7. Penyiapan botol. Botol kaca disikat bagian dalamnya dengan detergen. Seluruh permukaan botol dicuci sampai bersih dengan menggunakan detergen. Botol dibilas sampai bersih. Kemudian bagian dalam botol dibilas dengan air panas. Setelah itu botol direbus di dalam air mendidih selama 30 menit.
  8. Pembotolan dan pasteurisasi. Botol diangkat dari air panas dan dibalikkan agar airnya keluar dari botol. Ketika botol masih panas, sirup yang masih panas dimasukkan ke dalam botol dengan bantuan corong sampai permukaan sirup 2 cm dari bibir botol paling atas, kemudian botol segera ditutup dengan penutup botol. Setelah itu botol ini direbus di dalam air mendidih selama 30 menit.
  9. Penyimpanan. Sirup markisa ini dapat disimpan lama pada suhu kamar.
  10. Sajikan atau siap untuk dijual.

RESEP SIRUP MARKISA RUMAHAN (HOMEMADE PASSION FRUIT SYRUP)


BAHAN :
  • Buah markisa
  • Natrium bensoat
  • Gula pasir
PERALATAN :
  • Pisau
  • Blender
  • Kompor
  • Baskom
  • Mixer
  • Timbangan kue
  • Timba
  • Panci / dandang
  • Gayung
  • Sendok
  • Lap / serbet
  • CMC
CARA MEMBUAT SIRUP MARKISA KENTAL RUMAHAN :
  1. Cuci buah markisa yang masak penuh, karena akan berpengaruh pada kenikmatan rasanya.
  2. Belah buah markisa dan keluarkan / kumpulkan isinya pada bak/ baskom.
  3. Bersihkan isi markida dari dari urat buah yang tadinya menjadi untaian biji- biji.
  4. Blenderlah isi markisa dalam waktu yang relatif singkat ( sampai dengan lendirnya lepas dari biji, tetapi tanpa menghancurkan isinya.
  5. Saring biji serta lendirnya tadi dengan saringan kasar, untuk mendapatkan ekstrak buah yang dikehendaki, yang berupa cairan sari buah markisa.
  6. Ekstrak saring dengan kain kasa.
  7. Blenderlah ekstrak selama satu menit menggunakan blender ukuran 1 kg atau 2 kg.
  8. Pada blenderan terakhir, tambahkan natrium bensoat sebanyak i gr perliter ektrak.
  9. Masaklah air dengan perbandingan 250 cc per 1 kg gula pasir, selanjutnya memasukan gula sedikit demi sedikit.
  10. Aduk terus sampai hampir mengkristal.
  11. Setelah dianggap cukup, masukanlah ekstrak buah markisa pada adonan gula yang sudah masak tersebut.
  12. Aduk terus sampai menunggu panas mencapai 70 derajat selsius. Awas jangan sampai mendidih, karena bila sampai mendidih akan menghilangkan rasa dan aromanya.
  13. Diamkan samapi dingain.
  14. Bila sudah dingin maka masukkan CMC sebagai pengental secukupnya dengan cara mengabutkannya sedikit demi sedikit menggunakan penyaring tepung. CMC jangan diberikan pada saat sirup masih panas, karena akan hilang tidak punya pengaruh apa-apa.
  15. Disimpan minimal 2 jam, baru dikemas sesuai keinginan.

Related Posts

Posting Komentar