CARA MEMBUAT BEDAK DINGIN BENGKOANG SENDIRI

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Bedak Dingin Bengkuang Sederhana Tradisional Spesial Buatan Sendiri Asli Alami. Bedak dingin merupakan salah satu produk perawatan kulit wajah tradisional yang terbuat dari bahan alami atau non kimia buatan, yaitu dengan bahan utama atau bahan dasar tepung beras ditambah bengkoang/bengkuang. Khasiat dan Manfaat bedak dingin sudah diakui sejak lama. Adapun resep membuat bedak dingin pada artikel pembahasan kali ini bedak dingin yang campurannya tepung beras dicampur bengkuang atau bengkoang. Anda juga bisa membuat bedak dingin bengkoang murni tanpa campuran.

Foto Resep Bedak Dingin Bengkuang Sederhana Tradisional Spesial Buatan Sendiri Asli Alami
Gambar Bedak Dingin Bengkoang

Bedak adalah campuran tepung pati dengan bahan pengharum, kadang-kadang ditambah dengan bahan pelembab, penahan sinar ultraviolet dan antiseptik. Sedangkan Bedak dingin atau masker adalah bedak basah jadi bukan bedak kering atau bedak tabur, bedak tradisional dibuat dari tepung beras dengan campuran potongan bunga mawar, melati kenanga, sedap malam, cempaka, dan irisan daun pandan.

Bengkoang atau bengkuang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu (/bəsusu/).

Ada banyak varian macam-macam jenis bedak dingin tradisional Asli Indonesia selain bedak dingin dari bengkuang, diantaranya ada bedak dingin Kalimantan Selatan atau bedak dingin Banjar, bedak dingin untuk jerawat, bedak dingin untuk bayi, bedak dingin dari beras, bedak dingin beras kencur, bedak dingin dayak, bedak dingin untuk memutihkan, bedak dingin berastagi, bedak dingin ovale buatan pabrik, bedak dingin sari bengkoang yang asli, bedak dingin untuk gatal, bedak dingin ajaib, bedak dingin saripohatji, bedak dingin bidara, bedak dingin bengkoang Sekar Sari, bedak dingin bengkoang putih salju, bedak dingin bengkoang Sarmila, bedak bengkuang Padang, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bedak dingin dari bengkuang review lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk pakai sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko bedak tradisional offline dan untuk toko online.

RESEP BEDAK DINGIN DARI BENGKUANG


BAHAN :
  • Bengkuang
  • Air
  • Tepung beras
  • Bahan pewangi berupa : bunga mawar 5 kuntum, bunga kenanga 5 kuntum, daun pandan 10 lembar ,bunga melati setengah genggam, bunga cempaka setengah genggam, dan bunga sedap malam setengah genggam.
PERALATAN YANG DIPERLUKAN :
  • Parutan
  • Kain saring
  • Wadah
  • Tempat penjemur
CARA MEMBUAT BEDAK DINGIN BENGKUANG :

1) Pembuatan Pasta Pati Bengkuang

a. Pemarutan. Bengkuang dikupas, kemudian dicuci dan diparut, 1 parutan disebut dengan bubur bengkuang.

b. Ekstraksi pati. Bubur bengkuang diencerkan dengan menambah air. Setiap 1 liter parutan ditambah dengan 1 liter air. Bubur encer diaduk-aduk kemudian disaring dengan kain saring. Pati bengkuang bersama cairan akan lolos, sedangkan serat kasar dan bahan-bahan kasar akan tertahan pada kain saring. Cairan yang lolos tersebut didiamkan selama 4~5 jam sehingga patinya mengendap sebagai lapisan pasta. Endapan pati tersebut disebut dengan pasta pati Dilapisan pasta terdapat air yang agak jernih. Lapisan pasta pati diambil dengan membuang air yang berada di atasnya.

2) Pembuatan Tepung Beras Basah

Beras dicuci sampai bersih, kemudian direndam di dalam air semalaman. Perendaman dapat juga dilakukan sampai 2 malam sehingga rendaman agak berbau asam. Setelah itu air perendam dibuang,berasnya ditiriskan sampai beras agak kering. Setelah itu beras ditumbuk atau digiling sampai halus. Hasilnya disebut dengan tepung beras basah.

3) Pembuatan Bedak Basah

Pembuatan bedak basah. Pasta pati bengkuang dicampur dengan tepung beras basah. Setiap 1 kg pasta pati bengkuang dicampur dengan 1 kg tepung beras basah Campuran ini diaduk-aduk sampai rata. Setelah itu dibentuk menjadi bualatan sebesar kelereng bulatan tersebut kemudian dipipihkan dengan jari tangan. Bulatan pipih ini disebut dengan bedak basah.

4) Pembuatan Campuran Pengharum

Bunga mawar dipreteli dengan melepaskan kelopaknya. Sedangkan bunga kenanga dan daun pandan diiris-iris. Potongan bunga mawar, irisan bunga kenanga, irisan daun pandan bunga melati, bunga cempaka dan bunga sedap malam dicampur dan diaduk sampai rata. Campuran ini disebut pengharum. Setiap 1 kg bedak basah memerlukan bunga mawar 5 kuntum, bunga kenanga 5 kuntum, daun pandan 10 lembar ,bunga melati setengah genggam, bunga cempaka setengah genggam, dan bunga sedap malam setengah genggam.

5) Pengeringan dan Pemberian Pengharum

a. Bedak basah dikeringanginkan selama 2 jam, kemudian dicampur dengan pengharum. Campuran ini dikeringanginkan lagi selama 2 jam.

b. Setelah pengeringanginan campuran bedak dan pengharum dijemur dengan sinar matahari sampai kering. Selama pengeringan dilakukan pembalikan beberapa kali.

6) Pemakaian

Bedak ini dipakai seperti memakai bedak beras. Kepingan bedak ditambah air, kemudian dihaluskan. Selanjutnya dilulurkan ke kulit wajah, tangan dan kaki.

Related Posts

Posting Komentar