CARA MEMBUAT MINYAK ZAITUN (OLIVE OIL) SENDIRI

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Cara Membuat Minyak Zaitun (Olive Oil) Extra Virgin Sederhana Secara Tradisional dan Modern Buatan Sendiri. Orang Yunani kuno menyebut minyak zaitun asli (original) dengan sebutan emas cair (olive oil liquid gold), dan memang demikian adanya. Minyak zaitun murni (extra virgin) diekstrak dari buah zaitun, tanaman pohon tradisional di Cekungan Mediterania. Minyak ini sangat populer sehingga saat ini lebih dari 750 juta pohon zaitun dibudidayakan di seluruh dunia, terutama untuk ekstraksi minyak, dan jumlah minimal dimaksudkan untuk konsumsi buahnya. Penggunaan zaitun hitam atau hijau, setelah difermentasi atau disembuhkan dengan alkali atau air garam, sangat populer dalam makanan Mediterania.

Foto Resep Cara Membuat Minyak Zaitun (Olive Oil) Extra Virgin Sederhana Secara Tradisional dan Modern
Gambar Minyak Zaitun (Olive Oil) Extra Virgin

Minyak zaitun sesungguhnya adalah lemak yang diekstrak dari buah olea europaea (buah zaitun), yang pohonnya dapat ditemukan dalam jumlah banyak di daerah Mediterania atau Laut Tengah. Selama bertahun-tahun, ekstrak buah zaitun ini memang populer digunakan sebagai bahan pelengkap obat-obatan, sabun kecantikan, kosmetik, maupun bahan bakar lampu penduduk Mediterania.

Bahkan, ratu Cleopatra dari Mesir saja diketahui sebagai pemakai rutin minyak zaitun semasa hidupnya. Ternyata, memang banyak khasiat dan manfaat kesehatan dan kecantikan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari selain fungsi minyak zaitun untuk campuran bahan memasak atau makanan dan kegunaan minyak zaitun sebagai untuk menggoreng, baik untuk bayi, untuk menebalkan alis, menghilangkan bekas gigitan nyamuk, dll.

Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun

Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah
  1. Menghindari Kulit Keriput. Seiring bertambahnya usia, faktor emosional dan kebiasaan sehari-hari mempengaruhi kerutan pada wajah kita. Dan ini berdampak pada timbulnya keriput pada wajah. Untungnya, kamu bisa menghindari ini dengan menggunakan minyak zaitun.
  2. Melindungi Wajah dari Kerusakan. Aktivitas sehari-hari, terutama bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, sangat mempengaruhi kondisi kulit wajah. Minyak zaitun berperan dalam melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan, karena kaya akan kandungan anti-oksidan.
  3. Mempersempit Pori-pori Wajah. Pori-pori wajah yang terlalu terbuka akan membuat wajah terlihat kurang menarik. Jika kamu mengalami ini, mengoleskan wajah dengan minyak zaitun bisa jadi cara terbaik. Karena bahan ini mengandung zat linoleic yang mampu mengecilkan pori-pori wajahmu dan terlihat lebih rapat.
  4. Obat Jerawat Alami. Kamu punya masalah jerawat di wajah? Jangan khawatir, perlahan jerawat akan teratasi jika kamu menggunakan minyak zaitun secara rutin. Minyak ini berperan sebagai obat jerawat alami berkat kandungan vitamin, anti racun dan infeksi, anti bakteri serta anti inflamasi.
  5. Bikin Wajah Lebih Mulus dan Putih Bersinar. Jadikan minyak zaitun sebagai salah satu bahan untuk masker, dipadukan dengan buah-buahan yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Dengan rutin menggunakannya, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang lebih halus dan mulus. Selain membuat wajahmu lebih mulus, minyak zaitun juga berkhasiat dalam memberi warna kulit yang lebih putih dan cerah. Kandungan polifenol lah yang berjasa untuk menjadikan kulit wajahmu menjadi lebih bersinar.
Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut
  1. Menghindari Rambut Bercabang. Memiliki rambut yang kasar, bercabang dan susah diatur, minyak zaitun juga bisa jadi senjata yang tepat untuk melawannya! Pijat kulit kepalamu dengan minyak zaitun hangat, biarkan meresap selama satu jam, lalu bersihkan dengan shampoo dan conditioner seperti biasa.
  2. Menghilangkan Ketombe. Punya masalah sama ketombe yang sangat mengganggu? Anda bisa manfaatkan minyak zaitun. Gunakan bahan ini dengan cara dioles dan diratakan dengan sisir. Jika perlu, tambah air jeruk lemon agar hasil lebih maksimal. Bilas dengan air bersih dan keramas.
  3. Rambut Lebih Kuat. Rambut kamu sering rontok dan patah-patah? Atasi masalah ini dengan minyak zaitun. Karena minyak ini mampu membuat rambut lebih kuat hingga ke akarnya. Hasilnya akan lebih maksimal jika kamu menambahkan kuning telur.
  4. Melembapkan Rambut. Olive oil adalah solusi bagi kamu yang memiliki rambut kering dan ‘kasar’. Usapkan minyak zaitun ke rambutmu secara merata, tunggu 10 hingga 15 menit, lalu bilas sampai tuntas. Khasiatnya akan langsung terasa.
  5. Merawat Rambut Rusak. Rambut rusak dan bercabang mungkin hampir dialami oleh setiap orang. Apalagi kamu yang sering gonta-ganti gaya rambut dan mewarnai rambut. Minyak zaitun bisa membantu membuat rambutmu menjadi sehat kembali dan meminimalisir rambut bercabang.
Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
  1. Memperlancar Kerja Pencernaan. Menggunakan minyak zaitun alih-alih mentega/margarin ketika memasak makanan yang akan kita konsumsi adalah alternatif yang jauh lebih menguntungkan bagi kesehatan manusia. Minyak zaitun mendorong produksi peptida, yang dapat membuat seluruh organ pencernaan manusia menjadi lebih sehat dan bekerja dengan lebih baik, contohnya adalah usus kita. Ketika minyak zaitun masuk ke dalam usus, ia membantu usus menyerap lebih banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh seraya menyingkirkan kandungan makanan yang tidak terlalu bermanfaat. Selain itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menyatakan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi resiko terkena kanker pankreas.
  2. Mengurangi Resiko Depresi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak zaitun sebenarnya adalah lemak yang diekstrak dari buah zaitun. Namun, jenis lemak yang terdapat dalam buah zaitun adalah monounsaturated fat, jenis lemak sehat yang berbeda dengan lemak trans-fat yang dikandung fast-food. Sebuah penelitian yang dilakukan dokter Sanchez-Villegas dan timnya yang berasal dari sebuah universitas di Spanyol terhadap kurang lebih 12.000 orang membuktikan bahwa dibandingkan dengan individu yang hanya mendapat asupan healthy fat dari minyak zaitun, individu yang rutin mengonsumsi trans-fat memiliki 48 persen lebih besar kemungkinan mengidap depresi.
  3. Memerangi Penyakit Alzheimer. Alzheimer’s disease atau dementia adalah penyakit lupa ingatan yang menghantui sekitar 60-80 persen orang lanjut usia di dunia. Di Indonesia sendiri, hingga saat ini sudah terdapat sekitar 2 juta kasus alzheimer yang terjadi tiap tahunnya. Kabar baiknya, tim dokter yang dipimpin dokter Domenico Pratico menemukan bahwa konsumsi minyak zaitun terbukti memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk mengurangi resiko terserang penyakit alzheimer. Hal ini karena minyak zaitun mengurangi produksi amyloid plaque dan phosporylated, dua protein jahat penyebab utama terjadinya kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab atas penyimpanan memori dan fungsi mental tubuh.
  4. Meredakan Rasa Sakit. Manfaat minyak zaitun yang lain adalah untuk mengurangi peradangan atau rasa sakit. Untuk teman-teman ketahui, banyak sekali penyakit kronis yang diawali oleh peradangan di dalam tubuh, contohnya berbagai jenis kanker, cardiovascular disease, hingga rheumatoid arthritis. Minyak zaitun mengandung bahan-bahan antioksidan seperti oleic acid dan oleochantal yang ampuh untuk melawan peradangan tersebut. Hasil dari sebuah penelitian mengenai manfaat minyak zaitun terhadap kesehatan yang diterbitkan British Journal of Medicine (2005) menyatakan bahwa 50 ml extra virgin olive oil berfungsi sama baiknya dengan 10 persen ibuprofen, yakni obat pengurang rasa sakit.
  5. Mencegah Penyakit Kanker. Kandungan dalam minyak zaitun memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sehingga membuatnya dapat memerangi penyebab penyakit kanker. Hal ini berlaku terutama penyakit kanker payudara dan kanker kulit.
Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit
  1. Melembapkan Kulit Kering. Anda memiliki kulit wajah, kulit badan, atau kulit kepala yang kering? Coba sertakan produk-produk yang mengandung minyak zaitun dalam rutinitas kecantikan-mu! Minyak ini, terutama yang jenis extra virgin olive oil, dapat menyerap hingga ke lapisan terdalam kulit. Sehingga ia bagus sekali bila digunakan sebagai night cream atau pelembab sehari-hari. Penggunaan minyak zaitun secara rutin bermanfaat menjaga kulit agar terlindung dari partikel-partikel asing dan memenuhi kebutuhan kulit akan adanya cairan. Kombinasi minyak zaitun dan lemon dalam produk kecantikan, selain dapat melembabkan kulit, juga dapat membuat kulit senantiasa segar dan cerah.
  2. Menunda Penuaan Kulit. Minyak zaitun disebut-sebut sebagai salah satu bahan yang efektif untuk menunda hadirnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan flek hitam. Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan K yang tinggi. Kedua vitamin tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik dalam melindungi permukaan kulit dari kerusakan atau polusi udara. Selain itu, penggunaan minyak zaitun secara rutin juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.
  3. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruang, apalagi saat siang hari, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai pelindung kulit. Dengan begini, kulitmu terhindar dari bahaya sinar ultraviolet.
  4. Mengobati Gatal-gatal. Selain melindungi kulit dari panasnya sinar Matahari, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Seperti yang telah disebutkan di atas, hal ini karena olive oil mengandung sifat anti inflamasi.
  5. Meregenerasi Kulit. Lakukan scrubbing secara teratur dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula pasir. Oleskan setiap hari sebelum tidur pada kulitmu, dan bilas dengan menggunakan air hangat. Jika rutin melakan ini, kulit akan beregenerasi dan kamu terlihat lebih muda.
Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Bibir
  1. Membuat Kulit Bibir Lebih Merah. Jika kulit bibir kamu terlihat gelap, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasinya. Kandungan di dalamnya akan membuat bibirmu lebih merah dan terlihat atraktif.
  2. Mengatasi Bibir Pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin. Jadikan olive oil sebagai scrub bibir yang alami. Ini akan membuat sel-sel kulit mati mengelupas, dan digatinkan oleh yang baru.
Karena konsumsi minyak zaitun telah meningkat karena manfaat yang ditawarkannya, ekstraksi sekarang terjadi dalam skala besar. Praktik tradisional maupun industri pabrik diterapkan untuk ekstraksi. Anda bisa mendapatkan minyak siap dari toko, atau mencoba mengekstraknya sendiri. Setelah Anda tahu cara membuat minyak zaitun Anda selalu bisa memastikan kemurniannya (extra virgin). Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi minyak zaitun di harvest moon hero of leaf valley lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumaha (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis minyak zaitun yang dalam bahasa Inggrisnya Olive Oil.

RESEP MINYAK ZAITUN (OLIVE OIL) SKALA INDUSTRI


BAHAN DAN PERALATAN :
  • Batu giling atau alat mekanik untuk menekan
  • Zaitun (40 pon untuk 1 galon minyak)
  • Tikar bundar
  • Tabung menyedot
  • Drum plastik (food grade)
  • Botol dan gabus hijau gelap
  • Corong
  • Handuk
CARA MEMBUAT MINYAK ZAITUN (OLIVE OIL) SKALA INDUSTRI :
  1. Metode Ekstraksi. Minyak zaitun dapat diperoleh dari zaitun yang belum matang maupun yang sudah matang. Minyak yang diekstrak dari buah zaitun mentah berwarna hijau muda hingga pekat, sedangkan yang diperoleh dari buah zaitun matang berwarna kuning muda atau emas. Jika Anda ingin minyak memiliki khasiat penyembuhan yang lebih baik, gunakan zaitun matang untuk ekstraksi.
  2. Jika Anda memiliki pohon zaitun di halaman belakang rumah Anda, panenlah buah-buahan yang sudah matang atau yang belum matang dengan memukul cabang-cabangnya dengan tongkat panjang. Sebarkan jaring di tanah sebelum memukul sehingga buah zaitun langsung jatuh di atasnya.
  3. Cuci zaitun dengan air untuk menghilangkan kotoran, dan singkirkan daun dan ranting yang menempel di buah-buahan.
  4. Dapatkan pasta zaitun menggunakan batu kilangan (umumnya digunakan untuk pembuatan skala besar) atau cara menekan mekanis apa pun. Tidak perlu menghilangkan lubang dari buah sebelum menekan.
  5. Sekarang sebarkan pasta yang diperoleh dari langkah sebelumnya di atas tikar bundar dan lakukan penekanan. Pada titik ini, jus akan mengalir keluar dari pasta, meninggalkan apa yang dikenal sebagai "pomace".
  6. Pindahkan jus ke drum plastik dan diamkan selama 1-2 jam. Minyak sekarang akan terpisah dari air karena perbedaan kepadatan.
  7. Gunakan tabung siphon untuk mentransfer minyak (yang membentuk lapisan atas) ke wadah lain, dan biarkan tidak terganggu sehingga partikel yang tidak diinginkan dapat mengendap di bagian bawah.
  8. Tempatkan corong di atas botol hijau dan perlahan-lahan tuang cairan dalam wadah untuk mendapatkan minyak zaitun 'siap pakai'. Bersihkan botol menggunakan handuk, tutup botol, dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

RESEP MINYAK ZAITUN RUMAHAN


BAHAN DAN PERALATAN :
  • Buah zaitun matang (4-5 kg untuk 1 liter minyak)
  • Minyak zaitun berukuran kecil
  • Botol hijau tua atau berwarna kuning
  • Corong (untuk mentransfer minyak)
CARA MEMBUAT MINYAK ZAITUN SKALA RUMAHAN :
  1. Metode Ekstraksi. Pisahkan ranting dan daunnya jika ada, dan cuci buah dengan benar dengan air.
  2. Tempatkan zaitun di pers minyak dan biarkan proses ekstraksi berlangsung.
  3. Minyak akan dikumpulkan di ember yang dimaksudkan untuk pengumpulan.
  4. Pindahkan minyak dalam botol menggunakan corong untuk menghindari pemborosan.
  5. Gabus botol dan simpan di tempat yang sejuk, jauh dari sinar matahari.
  6. Metode ini cocok untuk mengekstraksi minyak di rumah karena melibatkan lebih sedikit tenaga kerja. Namun, kita harus menghabiskan sejumlah besar uang untuk membeli pers minyak zaitun berkualitas baik. Minyak yang diperoleh dari zaitun sangat bermanfaat. Anda dapat menggunakannya sebagai pelembab atau menuai manfaat kesehatannya dengan menggunakannya sebagai minyak goreng untuk menggoreng, menumis atau untuk memasak makanan sehat. Jadi sekarang setelah Anda tahu cara membuat minyak zaitun, latihlah beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna, dan nikmati minyak zaitun buatan Anda!.

Related Posts

Posting Komentar