CARA MEMBUAT BESENGEK CABE IJO

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Besengek Cabe Ijo Pedas Khas Sunda, Tasikmalaya, Bandung Sederhana Spesial Asli Enak. Masakan ini memiliki sensasi rasanya yang pedas sangat nikmat sekali dimakan dengan nasi panas atau hangat sekali makan jadi ingin nambah nasi lagi apalagi kalau ditambah dengan lauk lainnya seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, ikan asin goreng, tumis sayur-sayuran, dan sebagainya rasanya nikmat sekali. Penasarankan pengen coba besengek cabai hijau super pedas?☺☺.

Foto Resep Besengek Cabe Ijo Pedas Khas Sunda, Tasikmalayan, Bandung Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Besengek Cabe Ijo Besar

Menurut situs Wikipedia. Besengek Sunda adalah makanan khas Jawa Barat khususnya Tasikmalaya. Besengek ialah makanan berbahan utama cabe hijau/cabe hejo yang ditumis dengan aneka bumbu khusus yang dihaluskan. Besengek memiliki cita rasa yang pedas namun sangat menggugah selera. Tak heran jika banyak masyarakat yang menyukai masakan ini. Besengek cabe hijau khas Tasikmalaya dan khas Ciamis dapat dijumpai di acara pernikahan dalam bentuk penyajian prasmanan atau buffet, hajatan, kondangan, hari raya lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, bahkan menjadi lauk makan sehari-hari masyarakat setempat.

Masih menurut Wikipedia. Ternyata bukan di Jawa Barat saja ada masakan besengek di Jawa pun ada tapi sangat berbeda antara besengek Jawa atau besengek Wonogiri dengan besengek Sunda. Besengek (bahasa Jawa: besèngèk) adalah makanan dari tempe kara dan dibumbui dengan parutan kelapa dan pewarna kunyit. Makanan tradisional ini biasa dijual di pasar tradisional di Kecamatan Manyaran, kab.Wonogiri dan disajikan dengan bungkus daun jati. Dahulu biasa digunakan sebagai lauk/sayur nasi tiwul (disebut sega tiwul lawuh besengek) ditambah sambal bawang. Saat ini biasa dikonsumsi langsung dengan lalapan cabe rawit. Harga makanan ini sangat terjangkau, perbungkus Rp 1.000,- s/d 2.000,-, tetapi harga ini akan menjadi 3 sampai 5 kali lipat menjelang Lebaran. Hal ini dikarenakan banyaknya pemudik asal kec. manyaran yang pulang ke kampung halaman dan ingin bernostalgia dengan makanan ini. Banyak yang rela antri untuk mendapatkan Besengek ini, jadi makanan ini sangat legendaris untuk lidah masyarakat Manyaran.

Pada perkembangannya masakan besengek Sunda yang saya masukkan dalam kategori sambal ini berkembang tidak hanyak memakai bahan utama cabai hijau besar saja melainkan ada besengek cabe merah, besengek cabe gendot, besengek soun, besengek bihun, besengek tahu cabe ijo, besengek buncis cabe hijau, besengek tempe benguk, besengek jengkol, besengek tahu, besengek ayam, besengek daging, besengek terong panjang, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi besengek cabe ijo pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan khas Sunda, menu restoran ala cafe resto siap saji.

RESEP BESENGEK CABE IJO


BAHAN :
  • 1/2 kg cabe hijau yang besar
BUMBU :
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1/4 buah bawang bombay
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm udang rebon/ebi
  • 1 sdm garam
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdm kecap
CARA MEMASAK BESENGEK CABE IJO :
  1. Cuci bersih cabe hijau, bawang yang telah dikupas, serai dan daun salam.
  2. Kerat bagian tengah dari cabe hijau.
  3. Iris ketiga bawang tipis.
  4. Siapkan wajan, tuang minyak sedikit, nyalakan api. Setelah minyak mendidih masukkan irisan bawang merah, bawang putih, bawang bombay. Setelah harum baunya tambahkan daun salam, serai, dan rebon/ebi.
  5. Aduk-aduk, masukkan cabe hijau yang telah dikerat tengahnya. Tambahkan sedikit air, masukkan garam, gula merah dan kecap.
  6. Masak sampai cabe hijaunya lemas dan berwarna kehitaman, tambah airnya hingga matang. Biarkan sedikit berkuah, karena kuahnya sangat gurih.
  7. Cicipi rasanya, paduan dari asin, manis, dan pedas jika sudah pas matikan api. Masukkan besengek cabe hijau ke dalam mangkuk saji.
  8. Sajikan.

Related Posts

Posting Komentar