CARA MEMBUAT SATE JAMUR TIRAM BUMBU KACANG

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang Sederhana Spesial Asli Enak. Bagi penggemar makanan vegetarian masakan ini sangat cocok unik dan menarik. Pada umumnya satay ini menggunakan jenis jamur tiram putih yang sangat lembut dan empuk jika dimakan katanya mirip dengan sate ayam. Apalagi makannya dilengkapi dengan saus kacang gurih pedas manis dan diberi pelengkap acar timun, tomat, potongan bawang merah dan cabe. Mantaplah pokoknya.

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Foto Resep Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda.

Khasiat dan Manfaat jamur tiram. Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol.

Di samping itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan. Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan. Adanya polisakarida, khususnya Beta-D-glucans pada jamur tiram mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun. Pada jamur tiram, produk ini disebut sebagai plovastin yang di pasaran dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol (komponen aktifnya statin yang baik untuk menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia).

Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram maka bahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi. Adanya serat yaitu lignoselulosa baik untuk pencernaan. USDA (United States Drugs and Administration) yang melakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa dengan pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol dalam serum hingga 40 % dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung jamur tiram. Sehingga mereka berpendapat bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol. Di Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur tiram sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor.

Jenis Jenis Jamur Tiram

Perbedaan antara jamur tiram florida dan tiram ostern. Jamur tiram florida tudungnya cenderung membentuk payung dan melebar, dan ukuran batang tidak besar. Sedangkan tiram ostern tudungnya menguncup ke atas dan tidak melebar, sedangkan ukuran batang besar dan kokoh, ada yang menyebutnya seperti terompet.

Selama ini, jamur tiram yang dalam klasifikasi botaninya bernama pleurotus, yang kita kenal selama ini adalah jamur tiram putih. Padahal ada beberapa jenis jamur tiram selain jamur tiram putih yang bisa dibudidayakan, yaitu jamur tiram biru, jamur tiram coklat, jamur tiram abu abu, jamur tiram merah/ pink. Berikut ini penjelasannya :
  1. Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus), dikenal juga dengan nama shimeji white (varietas florida). Warna tubuh buahnya putih sampai putih kekuningan dengan diameter tudung 3-14 cm.
  2. Jamur tiram biru ( Pleurotus ostreatus columbinus). Warna tudungnya biru keunguan, tudung berukuran kecil dan tubuh buah besar dan kaku. diameter antara 4-6 cm
  3. Jamur tiram coklat (Pleurotus cystidiosus), dikenal dengan nama jamur abalon. Warna tudungnya keabu abuan sampai abu abu kecoklatan. Diameternya antara 5-12 cm.
  4. Jamur tiram abu abu (Pleurotus Sajorcaju), dikenal dengan shimeji grey karena tudung berwarna abu kecoklatan sampai kuning kehitaman dengan diameter 6-14 cm.
  5. Jamur tiram merah/ pink (Pleurotus flabellatus), dikenal dengan nama sakura karena tudungnya berwarna kemerahan. Diameter antara 5-12 cm.
Diantara keempat jenis jamur tiram yang dibudidayakan, Pleurotus ostreatus paling digemari petani karena memiliki sifat yang adaptif dan tahan lama penyimpanan, selain juga karena sudah memasyarakat. Jenis jamur lainnya kurang popular di Indonesia karena warnanya yang mencolok dan terkesan aneh memberi kesan jamur beracun, hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi resepi satay jamur tiram putih lezat sajian sedap lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka sate jamur untuk vegetarian.

RESEP SATE JAMUR TIRAM BUMBU KACANG


BAHAN :
  • 300 gram jamur tiram, cuci rebus dan potong-potong (umumnya menggunakan jenis jamur tiram putih)
  • 250 gram kacang tanah
  • 5 sdm kecap manis
  • Air panas secukupnya
  • 1 sdt air jeruk limau / jeruk limo / jeruk nipis
  • Tusuk sate siap pakai
BUMBU SATE JAMUR :
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • 5 buah cabe rawit merah
CARA MEMASAK SATE JAMUR TIRAM BUMBU KACANG :
  1. Haluskan bumbu-bumbu sate, masukkan kacang tanah yang sudah di blender halus,aduk rata.
  2. Tuang air, kecap dan air jeruk limau. Ambil tusuk sate, tusukan jamur. Olesi dengan bumbu kacang hingga rata, lalu bakar hingga matang bisa bakar pake alat pembakar sate, baik pakai arang tradisional, pake gas, bahkan listrik atau teflon untuk resep sate jamur tiram teflon agar tidak gosong bakarnya sebaiknya pakai teflon, sambil di oles-oleskan bumbu kacang sesekali.
  3. Tambahkan Kecap Manis dan bawang goreng, potongan bawang merah mentah, tomat, dan potongan cabe serta sayur kol mentah.
  4. Sajikan.

Related Posts

Posting Komentar