CARA MEMBUAT GRANOLA BAR TANPA OVEN

Oleh Admin Posting Komentar
Resep Granola Bar Panggang Oven dan Tanpa Oven Renyah (Crunchy) Rumahan (Homemade) Sederhana Spesial Asli Enak Cocok Untuk Diet Sehat. Makanan granola yang sempat viral kekinian serta ngehits dan booming sekitar tahun 2016 ini banyak variasinya dan variannya yang dibuat dengan macam-macam jenis dan nama-nama sesuai campuran atau kombinasi bahan-bahannya, seperti resep granola untuk diet, resep granola untuk sarapan pagi, resep granola cookies yang berbentuk kue kering, resep granola yogurt, resep granola bowl disajikan dalam mangkok atau mangkuk, resep granola parfait, resep granola coklat/cokelat, resep granola cereal/sereal, Resep membuat Strawberry Granola Parfait, dsb. Granola banyak diminati sebagai menu makanan sehat yang cocok untuk program diet.

Foto Resep Granola Bar Panggang Oven dan Tanpa Oven Renyah (Crunchy) Rumahan (Homemade) Sederhana Spesial Asli Enak Cocok Untuk Diet Sehat
Gambar Granola Bars Untuk Diet Sehat

APA ITU GRANOLA ?

Menurut situs Wikipedia Indonesia. Granola adalah sejenis hidangan sarapan dan makanan ringan terdiri dari emping oat, kekacang, madu atau pemanis lain seperti gula perang, dan kadangkalanya bertih beras yang biasanya dibakar sampai garing dan berwarna coklat keemasan. Pada proses membakar, campuran dikacau untuk mengekalkan longgar sarapan sereal konsisten. Buah kering, seperti kismis dan kurma, dan manisan seperti coklat kadangkalanya juga ditambah. Penambahan biji rami ke dalam granola terutamanya sering digunakan untuk membantu pencernaan. Granola sering dimakan bercampur bersama yogurt, madu, buah-buahan segar (seperti pisang, strawberi atau beri biru), susu atau bijirin jenis lainnya. Ia juga berfungsi sebagai bahan hiasan untuk pelbagai pastri, pencuci mulut atau aiskrim/es krim.

Granola dibawa ketika aktiviti mendaki bukit, berkhemah, atau backpacking kerana ia berkhasiat, ringan, tinggi kalori, dan mudah disimpan (ciri sama untuk trail mix dan muesli). Sebagai makanan ringan, ia sering digabungkan dengan madu atau sirap jagung dan dipekatkan menjadi bar bentuk yang senang dibawa sebagai bekalan makan tengah hari, sewaktu mendaki, atau aktiviti luar yang lain.

Sedangkan menurut situs Hellosehat. Granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan minyak, madu atau pemanis lainnya. Setiap granola bisa mengandung bahan yang berbeda-beda, sehingga juga membuatnya mempunyai nilai gizi yang berbeda. Beberapa mungkin memiliki kandungan gula, lemak, kalori, atau protein yang lebih banyak, tergantung dari bahannya.

Kandungan utama dari granola adalah oat dan kacang-kacangan, sehingga membuat granola mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi dalam granola ini membuat granola bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan dalam granola juga membuat granola mengandung lemak sehat. Satu porsi granola dapat memberikan Anda 4 gram asam lemak tidak jenuh tunggal dan 4 gram asam lemak tidak jenuh ganda. Dua jenis asam lemak ini dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Sehingga, Anda dapat terhindar dari penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Asam lemak omega 3 dalam granola juga penting untuk kesehatan otak.

Granola juga mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Beberapa jenis vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam granola adalah vitamin E, tiamin, asam folat, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Ini semua tergantung dari bahan-bahan yang menjadi komposisi dari granola itu sendiri.

Apa itu granola bar ?

Menurut situs Wikihow Indonesia. Granola bar adalah camilan yang sedap yang bisa dimakan sebagai sarapan atau camilan di tengah hari. Apabila dimasak dengan tepat, granola bar bisa menjadi alternatif yang lebih bernutrisi dan sehat dibanding cokelat atau camilan mengandung permen. Granola rumahan tidak saja lebih bernutrisi dibanding yang Anda beli di toko, tapi juga lebih sedap. Bila Anda ingin membuat sendiri granola bar, ikuti langkah-langkahnya.

Sejarah asal-usul mula granola. Granula pertama kali dihasilkan di Dansville, New York, oleh Dr. James Caleb Jackson di Sanitarium Jackson pada tahun 1863. Sanitarium Jackson merupakan spa kesihatan terkenal yang beroperasi selewat awal abad ke-20 di lereng bukit yang menghadap Dansville. Ia juga dikenali sebagai Our Home on the Hillside ("Rumah Kita di Lereng Bukit"); oleh sebab itu syarikat yang dibentuk untuk menjual bijirin ciptaan Jackson dikenali sebagai Our Home Granula Company. Granula awal yang dihasilkan diperbuat daripada tepung Graham dan bersaiz seakan kacang sederhana besar. Sejenis bijirin yang sama turut dibangunkan oleh John Harvey Kellogg dan pada mulanya dikenali sebagai "Granula", namun ia diubah menjadi "Granola" untuk mengelakkan pertelingkahan undang-undang dengan Jackson. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi granola bars sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal dengan simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka granola sehat untuk diet menurunkan berat badan.

RESEP GRANOLA BAR COKLAT PANGGANG OVEN


BAHAN :
  • 3 sdm mentega tawar atau minyak canola
  • 2 cangkir granola
  • 1/2 cangkir biji rami
  • 1/2 sdt kayu manis
  • 1/4 sdt garam (opsional)
  • 1/3 cangkir madu
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt vanila
  • 1.2 cangkir cokelat murni keping
CARA MEMBUAT GRANOLA BAR COKLAT PANGGANG OVEN :
  1. Panaskan oven hingga 300 derajat. Masukkan loyang ataU pinggan beling yang sudah dioles mentega.
  2. Jika sudah panas, tuangkan granola ke dalam loyang sampai merata. Tunggu lima menit, hingga aroma wanginya menyebar ke ruang dapur.
  3. Keluarkan granola dari oven, tambahkan biji rami, kayu manis dan garam. Bersihkan wajan dengan bersih.
  4. Tuangkan madu, vanili, dan gula merah ke dalam panci yang dididihkan di atas api kecil. Jika sudah, tuangkan campuran oat, dan aduk sampai merata dalam panci.
  5. Jika sudah, kembalikan adonan granola ke dalam panci, lalu taburi dengan cokelat keping yang sudah.
  6. Agar semua menyatu dan renyah, masukkan kembali granola bar ke dalam oven selama 20 menit.
  7. Kalau sudah matang, biarkan dingin. Potong menjadi 16 hingga 20 bagian, lalu simpan dalam wadah kedap udara.
  8. Sajikan.

RESEP GRANOLA BAR MADU RENYAH TANPA OVEN


BAHAN :
  • 3/4 cangkir madu asli
  • 1/2 cangkir gula merah
  • 1/4 cangkir minyak jagung
  • 3 cangkir granola yang tidak manis
CARA MEMBUAT GRANOLA BAR MADU RENYAH TANPA OVEN :
  1. Masukkan madu, gula merah dan minyak jagung ke dalam panci kecil dan didihkan.
  2. Taruh granola dalam mangkuk besar dan tuangkan campuran gula di atasnya sambil diaduk rata.
  3. Siapkan wadah dengan bentuk datar, tuangkan campuran granola di wadah itu. Pipihkan dan biarkan dingin di lemari es atau kulkas.
  4. Kalau sudah, potong granola dengan bentuk persegi dan simpan dalam wadah kedap udara, tahan sampai 4 empat hari.
  5. Sajikan.

RESEP GRANOLA BAR TANPA OVEN SEDERHANA


BAHAN :
  • 160 gram rolled oat / oatmeal
  • 50 gram kismis, cincang
  • 50 gram chocochips (opsional)
  • 50 gram kacang mete
  • 4 sdm selai kacang
  • 4 sdm madu
CARA MEMBUAT GRANOLA BAR TANPA OVEN :
  1. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, beri alas plastik wrap atau kertas baking, lebihkan hingga ke sisi loyang supaya nanti memudahkan mengangkat granolanya, sisihkan.
  2. Sangrai rolled oat sampai garing dan kecoklatan denngan menggunakan api kecil kurang lebih selama 15 menit sambil sering diaduk, angkat lalu letakkan di dalam mangkuk.
  3. Sangrai kacang mete sampai matang dan kecoklatan (saya bagi 2 kacanya tepat digaris bagi kacang, sehingga kacang bisa cepat matang).
  4. Di panci, campur selai kacang dan madu, panaskan sebentar dengan api kecil sambil diaduk sampai tercampur, angkat jika sudah tercampur.
  5. Di mangkuk berisi rolled oats, tambahkan kismis cincang, chocochips dan kacang mete, aduk perlahan, kemudian tuang campuran madu selai kacang, aduk sampai tercampur rata.
  6. Masukkan ke dalam loyang, ratakan dengan tangan sambil disebarkan merata diloyang, tekan-tekan dengan bagian bawah gelas supaya adonan granola menjadi padat.
  7. Selanjutnya simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 15-20 menit sampai mengeras, keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat plastik wrap yang berlebih di sisi loyang, potong-potong sesuai selera (potong menjadi 15 bagian).
  8. Sajikan. Siap dinikmati, atau bisa disimpan di waddah kedap udara (saya masukkan ke dalam wadah kedap lalu saya masukkan ke dalam kulkas kembali).

Related Posts

Posting Komentar